Senin, 16 April 2012

Mengapa masih perlu belajar bahasa indonesia saat ini?


Mengapa Saya Masih Harus Belajar Bahasa Indonesia? 

Menurut Isna Sulastri, bahasa menjadi kesatuan negara, menjadi tombak untuk mencapai kedaulatan yang adil dan makmur, bahkan Bahasa Indonesia sudah di cantumkan dalam sumpah pemuda pada tahun 1928 yang berbunyi " Kami Putra Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia".
Bahasa Indonesia itu seperti api yang berkobar - kobar untuk tetap menyemangatkan para Warga Negara Indonesia agar, Bahasa Indonesia itu tidak terhapus dan tidak bercampur baur dengan bahasa asing lainnya.
Negara Indonesia terbentang luas dari Sabang sampai Merauke dan semua wilayah tersebut terdiri dari berbagai macam ras dan suku, semua masyarakatnya pun pasti pernah belajar Bahasa Indonesia sejak ia menduduki sekolah tingkat dasar sampai tingkat menengah. Bahasa Indonesia tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita, dan akan tetap diajarkan kepada kita baik secara lisan atau tulisan.
Sebagai warga Negara Indonesia kita harus cinta pada tanah air kita, cinta kebudayaannya, cinta akan kekayaan alamanya, dan cinta pada bahasa kita yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia tidak hanya warga Negara Indonesia saja yang harus bisa berbicara Bahasa Indonesia. Bahkan orang luar negeri pun sangat ingin dan sangat senang bisa belajar Bahasa Indonesia. Oleh sebab itu kita harus bisa menjaga dan melestarikan Bahasa Indonesia agar tetap terjaga dengan baik di negara kita sendiri.

                                                                                                  
Mengapa saat ini masih perlu belajar bahasa indonesia?

Di dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan Bahasa Indonesia, pentingnya  bahasa dalam berkomunikasi. Memang banyak beragam  bahasa di Negara Indonesia diantaranya Bahasa Sunda, Bahasa Jawa, dan Bahasa lain-lain. Tetapi bahasa yang resmi kita gunakan di Indonesia  adalah Bahasa Indonesia. Bahasa juga dapat digunakan untuk  memasukan gagasan kedalam pikiran manusia contohnya saja ketika kita berbicara dengan orang lain yang belum kita kenal pasti kita memakai  bahasa resmi yaitu Bahasa Indonesia agar mudah dipahami oleh mereka.

Bahasa sangat penting untuk kita jaga dan masih perlu belajar lebih dalam untuk memahami, memaknakan, mengamalkan bahasa dengan baik. Contoh seringnya kesalahan seorang penulis itu adalah pada ejaannya, struktur bahasa dan tidak bisa membedakan antara bahasa asing, maka dari itu kita masih perlu belajar Bahasa Indonesia saat ini. Benar menurut Ibu Isna, beliau mengatakan, ” kita harus bisa menjaga dan melestarikan Bahasa Indonesia agar tetap terjaga dengan baik di Negara kita sendiri”.




2 komentar: